Wednesday, April 8, 2015

(Sora's) 7 months BLW

Ah! We are here, BLW Sora masi terus berjalan, puji Tuhan!

Saya share pengalaman bulan pertama BLW disini, saat umur Sora 6 bulan.

A quick update of his 7mos BLW ~
Okay, pas umur 7 bulan.. kami sempet liburan di Jakarta hampir 2 minggu.
Nah di Jakarta means bukan rumah sendiri, sehingga peralatan seadanya, tapi karena makanan Sora tidak rempong, panci dan rice cooker cukuplah untuk steam sayur2an.

Sora dibeliin high chair lagi di Jakarta (kalo sampe kepepet ga ada high chair, mgkn bisa coba dudukin di stroller), siap2 aja stroller kotor tapi ;p so pilih2 deh makanan yang ga terlalu mengotori.

Saya masi kasi makanan2 yang Sora sudah makan dari 6 bulan:
Steamed: carrot, broccoli, pumpkin, yam, potato, labu siam (chayote), pear.
Raw: papaya, banana, avocado, cucumber, melon.

Makanan baru tuk si 7 bulan Sora:
Red dragon fruit
Chinese new year means jeruk! Segala jeruk dia suka... diisep sampai bikin orang ngiler
Steamed salmon
Egg, fyi, alergi telur ada di putihnya ~ jadi kalau ada riwayat alergi, kasi kuningnya dulu.. or no harm to wait :) boiled or steamed.
Baby corn
RICE! entah dalam bentuk biji atau saya bentuk jadi rice ball.
dan karena di Jakarta, jadi sering makan keluar.. kalo lagi di resto - saya kasi Sora sayur ijo yang saya dah cuci dengan air panas, doyan2 aja tuh :D
Sisanya masi makanan yg sama seperti yang lalu.

Jadwal makan.. tetap diusahakan 3-4 kali (breakfast, lunch, afternoon snack and dinner) tapi kenyataannya masi kurang rutin. Karena 7 bulan ini cukup mobile, so we were not able to set a routine for Sora. Apalagi kalo lagi banyak di luar rumah...jadwal makan Sora jadi berantakan, dan Sora pun "makan" seadanya (maaf yah nak...)

Oh, sedikit info, karena saya exclusive pumping ~ jadi kepantau memang berapa ml susu yang Sora minum, di umur 7 bulan Sora minum sekitar 800-900 ml kurang lebih per hari. Kalau kata kellymom sih kebutuhan asi 7 bulan sekitar 875 ml, so yeah, I am happy enough. haha :D

One of Sora memorable days, when I was more confirmed that blw really2 worked, Sora could finish the whole carrot that day! And yeah, that was the rice ball I mentioned above! 

Super seru makan red dragon fruit 
Saya sangat senang melihat progress Sora, kemampuan mengunyah semakin baik.. Sora bisa atur cara pegang makanan, cara memakannya. Dan Sora sangat konsentrasi ketika makan, sangat menikmati..
Walaupun ada hari2, dimana he seemed not interested in eating, entah lagi cape, lagi ngantuk... so mama hanya bisa bersedih hati, membereskan berantakan yg Sora bikin (padahal makannya dikiiiittt) dan mencoba lagi lagi dan lagi.
So, so far our blw kept going, and again, tidak ada target, ikutin pace dan kemampuan Sora, jadikan saat makan adalah saat yang menyenangkan buat Sora dan tentunya buat mamanya juga.

Will update the 8mos BLW too :)

No comments:

Post a Comment