Monday, June 15, 2015

Sakitnya Ditolak

So this afternoon, saya ajak Sora ke playground. Di sana ada 2 girls, and my very friendly baby kept following them. No, Sora didn't disturb them... Sora cuma berdiri dekat mereka, ngeliatin mereka sambil maybe berharap kalo bisa diajak maen juga ~ huhu, tapi kemana Sora mendekat, mereka akan menjauh. Mungkin itu 2 anak pikir, "ini apaan si bayi kecil ikutin gue ajeee?" 


Ah, sebagai mamanya, saya sedih ~ felt like #penolakan.. padahal Sora mah ga ngerasa apa2 mungkin.
Saya ngerasa... "sini sama mama ajaaa nak, ga akan pernah mama menolakmu...." tapi yah saya anteng2 aja, ngeliatin dari jauh bagaimana Sora akan bereaksi ... sambil terus berpikir dan menyadari... bahwa suatu saat, saya akan melepas Sora.. dia akan berinteraksi dengan orang lain tanpa saya awasi, dia akan membangun relationship dengan orang lain.. entah mereka akan menerima atau menolak dia.. suatu saat, saya hanya bisa mendengar cerita dari Sora, tanpa menyaksikan sendiri bagaimana Sora berinteraksi dengan orang lain.. yah karena saya tidak akan seterusnya menemani Sora.

Hari minggu, kemarin, di kelas Bible study kami (tuk para ibu2 dengan bayi), dibahas dan diingatkan untuk selalu experience God in our daily routines. As a mother, at least for me in this season, saya menjalani hari dengan doing task to task.. don't really have time tuk berdiam diri, bahkan ketika anak tertidur pun, yang saya kerjakan dan pikirkan adalah piring, baju, lantai, masak... dan tentu pompa asi.
So.. walaupun mungkin we don't have that luxury to have a solitary time, but we still can experience God in those routines. We just need to be discipline! Disiplin untuk membangun kesadaran dan atensi rohani untuk melihat dan experience God. To see from time to time, what God wants us to learn.. what God is trying to tell us. And for me, to do this parenting with God!
And today, I was reminded:

Pulang dari playground, while carrying Sora in my carrier, I talked to him... "Sora.... tadi Sora mau maen sama 2 cici itu yaaa... tapi 2 cici itu cuekin Sora ya....?" ...
then saya mau berlanjut dengan bilang... kalo it is okay, one day you will find a good friend to play together koook.. tiba2 saya jadi teringat lagu "What a Friend We Have in Jesus".. and it is even better, my son, if you have Jesus. Karena Dia adalah temanmu yang setia, yang selalu menyambutmu. Walau suatu saat manusia akan mengecewakanmu, tapi Yesus tuh ga akan pernah..
And I sang that song sambil boboin Sora. Sambil reminded myself, that I too have Jesus as my best friend.. jalani this lonely season. This song is just so beautiful... "Can we find a friend so faithful, who will all our sorrows share?" 

Every time I looked at the pics I took this afternoon, saya masi sedih lagi bayangin one day Sora akan mengalami penolakan.. tapi saya menyadari bahwa saya bukanlah pelindung Sora yang utama - mama can't always protect you, baby!" Saya rindu Sora selalu rely on Him, yang tidak akan pernah menolak Sora, yang mengasihi Sora lebih dari saya sayang dia..
Oh yeah, Sora ga akan selamanya jadi mama's boy, he will one day grow up as a mature man.... who will always (i pray) rely on Him, and whose best friend is Jesus.

2 comments: