Friday, April 8, 2011

He always has time for you

March 8th, 2011


My primary love language is quality time. Posisi nomor 2 yg hanya berpaut sangat sedikit dgn nomor 1 adalah words of affirmation. *tapi hari ini, aku lg pengen cerita ttg si "quality time"*


Oke, buat temen2 yg ga pernah denger ttg love language - aku kupas dikit aja ..

so, love language itu adalah "bahasa" dalam mengungkapkan kasih kita kepada orang lain, dan di sisi lain merasakan kasih dari orang lain. Gary Chapman, bilang ada 5:

1. Words of affirmation.

Termasuk dalamnya adalah words of encouragement, words of praise.

Jadi ini tipe2 orang yg bener2 mengungkapkan kasihnya lewat perkataan.. "i love you" "you look wonderful tonite" "i appreciate what you did to me" "i know you can do it, i always believe you" adalah contoh2nya.. Orang yg primary love language ini, pretty much akan sering ungkapin "how she/he feels", mereka akan appreciate people by saying it.. begitu pula, mereka akan berasa disayang ketika mendengar hal2 tersebut.

2. Gifts.

Well, walau mgkn for some people bunga akan layu, or teddy bear hanyalah sebuah boneka mati - bagi orang yg love language-nya gifts.. it's more than just a thing! Dalam bukunya, Gary Chapman tulis

A gift is a tangible object that say, "I was thinking about you. I wanted you to have this. I love you."

Gifts are visual symbols of love.

3. Acts of service.

They show their love by serving, dan they feel they're loved when they're served.

4. Quality time.

Yang begini2, yg sangat suka spend time with people they love. Entah itu doing activities together, communicate .. or just being with each other.

5. Pyhsical touch.

They hug, mereka menepuk2 bahu, they hold hands.


---------------

well, ini dikit saja dari yg aku bisa kupas, supaya ada sedikit gambaran :$

haha, kalo ada yg penasaran..mgkn kapan2 aku bisa bagiin excerpt yg aku tulis, or enaknya silahkan baca langsung

"The Five Love Languages" by Gary Chapman.


Oke, kembali ke "cerita"ku....

My primary is quality time.

*of course, tentunya.. ketika kita sayang seseorang kita speak in all languages, 5 of them ..

namun tetap ada yg menjadi primary - yg secara natural kita ungkapkan dan secara natural kita rasakan ketika kita menerimanya..

so, it's important to understand our love languages dan orang yg kita sayangi.. supaya maksimal dan kena ke target ;) *


Buatku, nonton CSI jadi lebih menarik bareng dede'ku.. American Idol juga jauh lebih menyenangkan saat my mom ntn bareng *walau mami ga terlalu ngerti * Aku sangat bersyukur dgn teknologi bernama "Skype" yg mengobati sedikit kebutuhanku dalam LDR ..


Satu hal yg aku selalu constantly doakan adalah .. supaya aku punya kasih yg unselfish .. kasih yg lebih memikirkan kebutuhan orang lain, lebih dari kebutuhanku sendiri .. *well, u know, since kita masi hidup dalam peperangan, aku selalu jatuh berulang kali, namun aku tau itu adalah gol-ku.. = mengasihi seperti Kristus.. deng! i know it's hard... *

Sering kali aku pulang ke rumah, aku cari dede'ku, and see apa dia bisa diganggu ..ternyata dia lagi belajar or lagi ama pacarnya .. u know, seberapapun desperate-nya aku pengen ngobrol dan "temenin cici donk de" -- aku selalu berusaha tuk.. "have your own time, my sis, i miss you" ..

Aku realize that people punya their own business .. seberapa besarnya mereka sayang kita, they have their own lives and i want them to have it too *coz i love 'em* , and tidak selamanya mereka ada saat kita butuh.

Oke, buat people yg primary love language-nya bukan quality time .. maybe, hal ini "mereka tidak ada saat kita butuh" tidak terlalu menjadi masalah, tapi buatku ... it's something yg selalu ku-perjuangkan. Adalah saat aku memilih untuk mengasihi dan memikirkan kebutuhan mereka (giving them space) daripada berusaha supaya kebutuhanku akan waktu mereka terpenuhi.


Pagi ini.. memulai ritual pagiku dengan ipod + speaker x-mini baru dari pacar baik hati .. sambil mandi -- tiba2 Chris Tomlin nyanyi "Unfailing Love" ... *ah, this song has been my fave song..* tapi hari ini .. 2 kalimat begitu menyentakkan hatiku dan jreng jreng.... MY TRUE LOVE mengungkapkan dengan jelas kepadaku ... betapa He has unfailing love for me ...

"And everything You hold in Your hand

Still You make time for me

I can't understand"

lagu ini ga pernah menjadi begitu indah .. sampai aku menyadari hal terindah, bagaimana MY LOVER really speaks my language.. and lebih hebat lagi, He never fails.. though Tuhan super sibuk dengan milliaran manusia yg berdoa setiap detik - dengan alam semesta yg harus dia tata * dan things yg ga akan pernah bisa aku bayangkan * still He makes time for me, I can't understand.

Namun one thing yg I did understand and feel again today, He is so busy expressing His love to me 'til I understand and remember once again how He loves me unfailingly ..

He speaks my language! I know He speaks yours too :)

No comments:

Post a Comment